Sejarah Mesin Rotary Mazda

Ir.Felix Wankel bpak rotaryIr.Felix Wankel bpak rotary

Perjalanan Panjang Dalam Sejarah Mesin Rotary Mazda

Sejarah Mesin Rotary Mazda ternyata bukan ditemukan pula oleh pendiri Mazda. Melainkan dari penelitian yang dilakukan oleh seorang Insinyur bernama Wankel. Felix Wankel, asal Jerman, melakukan penelitian di tahun 50an awal. Ketika mesin rotary mulai digunakan untuk pabrik-pabrik otomotif, ada beberapa pabrik otomotif terkenal yang menggunakannya. Namun seiring berjalannya waktu ternyata pabrik Mazda yang masih bertahan menggunakan mesin rotary Wankel tersebut. Lalu mulai kapan pabrik Mazda menggunakan mesin rotary, simak sejarahnya berikut ini.

Mazda-CosmoMazda Cosmo

Tahun 1967 Mesin Rotary Pada Mobil Cosmo Sports

Mazda mulai menggunakan mesin rotary di kendaraan sports. Tahun 1967 adalah tahun untuk Mazda mempercayakan mobil Cosmo Sports menggunakan teknologi mesin rotary. Di tahun sebelumnya yaitu, 1963, dalam Tokyo Motor Show, pabrik Mazda sudah memamerkan mobil Cosmos Concept. Kelebihan mobil tersebut yang menggunakan mesin rotary adalah memiliki torsi besar padahal kapasitas yang dimiliki hanyalah kecil.

Tahun 1970 Bergerak Hingga Di Tahun 1985

Mazda terus bergerak menambatkan mesin rotary pada mobil sportnya. Di tahun 1970 menjadi bukti bahwa tidak hanya mobil Cosmo Sports yang menggunakan mesin rotary. Mobil sport yang juga dapat difungsikan sebagai mobil keluarga dengan seri RX-2 Capella diluncurkan. Bergerak di tahun 1978 pabrik otomotif Mazda mulai menciptakan lagi mobil sport seri RX yang lain yaitu, RX-7. Dan di tahun 1985, Mazda juga memberikan kejutan dengan seri teranyar pada saat itu All New Mazda Savanna RX-7.

mazda savana Rx-7Mazda Savanna RX-7

Koleksi Terbaru Mobil Sports Mazda Dengan Mesin Rotary

Tahun 1991 Mazda memperkenalkan koleksi tebraru dari mobil sport yang masih menggunakan mesin rotary. Seri All New Mazda RX-7 (Infini) adalah yang dimaksud.

allnew mazda rx 7 (Infini)All New Mazda RX-7 (Infini) 1991

Kemudian melaju dengan koleksi baru di tahun 2008, sebagai sejarah Mesin Rotary Mazda, RX-8 meluncur dengan versi Facelift. Dan tidak main0main karena untuk Mazda seri RX-8 tersebut menjadi pemenang dalam penghargaan International Engine of the Year. Namun sayangnya karena masalah pada emisi yang mengganggu alias tergolong tinggi pembuangan gas karbon dioksida, maka untuk seri RX-8 dari pabrik Mazda tidak lagi diproduksi dan dihentikan pada tahun 2014 sebagai generasi terakhir. Bahkan beberapa pabrik otomotif lain yang menggunakan mesin rotary dengan seri yang sama seperti Mazda juga sudah meninggalkan penggunaan mesin yang membuat emisi berlebihan di udara tersebut. Sebab seperti yang diketahui bahwa jika emisi yang dikeluarkan oleh kendaraan tergolong tinggi. Maka akan dapat merusak udara lingkungan dan berpengaruh pada kecepatan global warming.

mazda rx 8 2004Mazda rx 8 2008

Meskipun pada akhirnya seri RX-8 tidak lagi diproduksi, pabrik Mazda melakukan pengembangan berupa mesin Skyactiv Teknology. Teknologi dari pengembangan mesin tersebut adalah untuk membuat mesin mobil tidak lagi tinggi dengan emisi. Melainkan mencoba untuk diminimalisir emisi yang dikeluarkan. Itulah perjalanan dari sejarah Mesin Rotary Mazda.

Rotary_Engine_05Rotary Engine

Skyactiv G mesin besin penyempurnaan dari mesin rotary engin dengan menekankan emisi gas buang namun tidak mengurangi tenaga dengan kompresi 13:1 mesin pertama kali industri otomotif memproduksi secara masal bermesin bensin, dengan pemakain balance shaft untuk menekan vibrasi dan kebinsingan mesin jauh lebih baik pada saat melaju di jalan raya.

penyempurnaan dari mesin rotary.Skyactiv G

Artikel terkait :

Delaer Mazda, Mazda 2 skyactiv

Blog search directory,Dealer Mercedes Benz,Dealer Mercedes Benz